Bootcamp .Net XSIS Media Utama

Halo gan, kali ini ane mau share pengalaman ane ikut Bootcamp .Net yang diselenggarakan oleh PT.Xsis Mitra Utama. Perusahaan ini adalah bagian dari Equine Technologies Groups, yang menyediakan fasilitas seperti IT Expert Service, System Development Service, IT Managed Service, dan IT Learning & Training Services.

Sebelumnya mungkin dari agan-agan sekalian ada yang belum tahu apasih bootcamp atau training itu ? Jadi bootcamp atau training khususnya yang diselenggarakan oleh PT.Xsis Mitra Utama adalah suatu program pelatihan programming yang terdiri dari .Net, Java dan SAP BAP yang akan menghasilkan coder-coder ahli nanti. Sejak kapan sih bootcamp Xsis itu dimulai? Udah lamaaaa gan, tiap bootcamp itu diberi nama 'Batch', kalau batch ane kemarin itu Batch 106. Bootcamp itu suasananya nggak beda jauh sama kuliah, kita belajar dikelas, dan ada Trainer yang udah berpengalaman banget yang bakal membimbing kita sampai bener-bener ber-skill. Tapiiiii nggak bener-bener kayak kuliah dulu ya gan, kita disini kan dilatih untuk bekerja nanti, jadi tuh selama bootcamp kita juga ngerasain gimana sih suasana dunia kerja khususnya dibidang IT, dan yang paling special itu bootcamp ini 'GRATIS' gan !!!!. Bukan cuma gratis, bahkan kita dapet uang saku lho selama training nanti, kebayang gak sih dapet pendidikan gratis dikasih uang saku pula, pokoknya the Best gan !! Dan Xsis ini gak cuma nerima orang dari jurusan IT aja, tapi dari jurusan apapun juga bisa ikutan, bahkan banyak kok lulusan bootcamp ini yang bener-bener bukan dari dunia IT dengan pengetahuan tentang programming yang sama sekali tidak ada.

Oke langsung ajaa...


Hari pertama, setiap bootcamp dimulai itu dinamakan 'Kick Off', yaitu pengenalan tentang Xsis, bootcamp, dunia IT, dan pengenalan diri masing-masing. Setelah itu Bootcamp diselenggarakan selam 2 bulan atau lebih tepatnya 7 minggu. Di 2 minggu pertama itu belajar tentang dasar pemrograman, pengenalan pemrograman, dan logic. Logic itu apasih gan? Logic ituuuu sama aja gan kita bikin program atau aplikasi juga, cuma di khususkan untuk logika-logika dasar seperti cara mebuat deret angka atau huruf, membuat array 1 dimensi, 2 dimensi, membuat bentuk bangun-bangun seperti bintang dengan menggunakan console application dan lain-lain. Setelah 2 minggu logic ini nanti ada evaluasi pertama, agan-agan bakal dites selama 1 hari penuh dari pagi sampai malam, yang di tes itu materinya yang udah dipelajari selama dua minggu. Evaluasi pertama ini sistemnya gugur ya gan, jadi kalau tidak lulus ya sudah tidak bisa mengikuti tahap bootcamp selanjutnya, tapi tenang gan, 2 minggu itu bener-bener deh kita dapet ilmu banyak banget. Bisa dibilang 2 minggu pertama ini bener-bener paliiiing berat banget, jangan sungkan-sungkan buat ngorbanin waktu agan untuk belajar, karena itu worth it bgt gan !!!

Setelah evaluasi pertama, tersisa 5 minggu lagi nih buat bootcamp, di 5 minggu ini 2 minggu pertama kita belajar tentang technology. Technology itu implementasi aplikasi/program yang agan bikin sampai benar-benar bisa dijalankan end-user. Materinya asik kok, tapi brain-storming banget karena cuma 2 minggu kita belajar technology dengan materi yang seabrek abrek buanyak banget. Setelah 2 minggu nanti diadakan mini project selama 2 minggu juga. Mini project itu bayangan dari project yang bakal kita buat itu seperti apa sih, dan disini bakal dilepas dari trainer, jadi agan tinggal mengimplementasikan apa aja yang udah dipelajarin di 2 minggu pertama itu. Ga bener2 dilepas trainer sih, agan2 masih bisa nanya-nanya juga kok, ga cuma ke trainer, kalau agan mau mencari ilmu di Xsis itu source nya buanyak banget deh gan, seniornya banyaaaak ilmu nya itu wahhh dehhhhh.

Mini-project berjalan selama 2 minggu, setelah itu ada evaluasi lagi yaitu berupa presentasi hasil mini-project yang kita kerjakan. Setelah evaluasi tersisa 1 minggu lagi waktu kita bootcamp di Xsis sebelum ditempatkan untuk placement nanti, sedih gan :'( hahahha. 1 minggu ini dinamakan minggu softskill, yaitu belajar bagaimana cara presentasi yang baik, demo dengan baik, dan yang berhubungan dengan softskill gitu.

Whooof, jadi begitu gan pengalaman ane ikut di bootcamp .Net PT.Xsis Mitra Utama ini. Awal bootcamp itu ane sempet kepikiran sebenernya cocok atau nggak sih kalau ane terjun ke bidang ini, karena dibekali ilmu programming yang bener-bener sedikit ane juga jadi pesimis gan. Tapi yang nama nya berusaha itu ga ada yang gak membuahkan hasil kan gan? So effort itu bener-bener deh bakal nentuin hasil nanti. Enak gak gan bootcamp? Enak banget gan !! Dapet temen baru, ilmu baru, suasana baru.. Tapi agak sedih memang kalau pas evaluasi ada temen yang gugur, susah-senang bareng bareng, walau cuma sebentar tapi berasa lama waktunya gan hahaha, yang jelas ini PENGALAMAN ane yang gak bakal bisa Dilupakan gan. Selamat berjuang gan !! Jangan ragu untuk mencoba !! Tetapkan tujuan !!!

PS : kalo ikut bootcamp ini, hati2 ketagihan gan wkkw

SALAM WINNERSSS !!!




Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Permasalahan Sosial di Desa dan Perkotaan

Perbudakan dan Hak Asasi Manusia