Tugas Softskill Manajemen Proyek dan Resiko
PROPOSAL PROYEK
SISTEM PEMBAYARAN JALAN TOL OTOMATIS MENGGUNAKAN
KARTU PRABAYAR
MATA KULIAH
MANAJEMEN PROYEK & RESIKO
Disusun Oleh :
Fadhlan Muchti A (22112620/2012/2KB01)
UNIVERSITAS GUNADARMA
OKTOBER 2013
Depok, Oktober 2013
Fadhlan Muchti Akbaruddin
KATA PENGANTAR
Puji syukur ke
hadirat Allah SWT, karena rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan
proposal penelitian ini yang berjudul: “SISTEM PEMBAYARAN JALAN TOL OTOMATIS
MENGGUNAKAN KARTU PRABAYAR”. Penulisan proposal penelitian ini merupakan salah
satu syarat untuk memenuhi mata kuliah seminar proposal di Program Studi Sistem
Komputer FIKT Universitas Gunadarma Depok.
Dalam penulisan
proposal penelitian ini, penulis dengan senang hati ingin mengucapkan terima
kasih kepada:
1. Bapak Dr. Ing. Farid. Thalib., selaku
Ketua Program Studi Sistem Komputer.
2 Ibu Syamsi Ruhama S.Kom., MMSI., selaku
Pembimbing yang telah
memberikan dorongan moril dan motivasi
kepada penulis.
3. Kedua Orang Tua
4. Teman Mahasiswa seperjuangan
Menyadari keterbatasan waktu dan
kemampuan dalam penulisan, proposal penelitian ini masih jauh dari sempurna.
Oleh karena itu, segala kritik dan saran yang membangun akan diterima dengan
senang hati. Mudah-mudahan Allah SWT akan membalas semua kebaikan kepada semua
pihak yang membantu. Akhir kata, semoga proposal penelitian ini dapat
bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Depok,
Oktober 2013
Penulis
A.
JUDUL
SISTEM PEMBAYARAN JALAN TOL OTOMATIS MENGGUNAKAN
KARTU PRABAYAR
B.
LATAR BELAKANG MASALAH
Kemudahan akan sistem pembayaran
berbasis kartu kredit di berbagai toko penjualan memang kerap dibutuhkan
masyarakat Indonesia di zaman ini. Selain untuk mempercepat waktu, masyarakat
juga tidak lagi repot-repot membawa uang yang jumlahnya begitu banyak. Seiring
perkembangan teknologi dan masyarakat, sering kita lihat terjadinya kemacetan
yang terjadi di pintu tol (jalan bebas hambatan) dikarenakan antrian pembayaran.
Oleh karena itu dibutuhkan sistem pembayaran yang cepat dan efisien berupa
kartu kredit sehingga dapat mengurangi kemacetan. Sehingga diharapkan dengan
adanya sistem pembayaran kartu kredit ini akan mempercepat waktu pembayaran di
gerbang tol.
Karena
tarif yang dikenakan pada sistem pembayaran jalan tol saat ini tidak selalu
bernilai bulat atau sederhana, tetapi masih bernilai pecahan yang juga
mempersulit pembayaran jika pengguna jalan memberikan uang lebih, dan kasir
pintu tol tersebut memberikan uang kembalian sehingga membutuhkan waktu yang
banyak untuk pembayaran tersebut. Sehingga dibutuhkan sistem pembayaran yang
mudah dan juga guna mempersingkat waktu pembayaran. Dan inovasi yang baru ini
adalah sistem pembayaran jalan tol berupa kartu prabayar.
Sebagai
contoh pada gerbang tol Jl.TB.Simatupang dikenakan biaya masuk Rp.3500, nominal
tersebut menyulitkan pembayaran karena dibutuhkan pecahan Rp.500 untuk
pembayaran maupun kembalian, sehingga waktu untuk pembayaran gerbang tol
tersebut menjadi agak lama.
Berdasarkan hal
tersebut maka dimungkinkan untuk membuat suatu pembayaran dengan menggunakan
kartu kredit dan mesin otomatis yang dapat mendeteksi kartu prabayar tersebut.
C.
PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka permasalahan
yang dibahas dalam perancangan ini adalah bagaimana merancang dan
merealisasikan pembuatan suatu sistem pembayaran jalan tol dengan menggunakan kartu
prabayar khusus sehingga dapat mempersingkat waktu pembayaran dan mengurangi
kemacetan.
D.
TUJUAN
Adapun tujuan yang dicapai adalah membuat suatu sistem pembayaran dengan
menggunakan kartu kredit yang efisien dan murah.
E.
LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran
yang diharapkan dalam program ini adalah :
a)
Masyarakat mendapatkan
rasa nyaman dan waktu yang lebih efisien ketika memasuki dan membayar di pintu
tol.
b)
Terciptanya
suatu sistem pembayaran yang mudah dan murah.
F.
KEGUNAAN
Adapun kegunaan program yang dimaksud adalah :
a) Memperkenalkan masyarakat kepada kemajuan teknologi
dalam bidang sistem pembayaran.
b) Dapat meminimalisir kemacetan.
c) Mempermudah sistem pembayaran.
d) Mempersingkat waktu pembayaran.
G.
TINJAUAN PUSTAKA
Kartu prabayar layaknya
kartu debit dan kredit, kartu prabayar memungkinkan kita untuk melakukan pembelian
tanpa uang tunai atau cek. Tidak seperti kartu kredit, Kita tidak dapat
berhutang dengan kartu prabayar, dan tidak seperti kartu debit, kartu prabayar
tidak terkait dengan rekening bank. Kartu prabayar memiliki saldo nol sampai
Anda menambah uang ke dalamnya. Pada saat kita melakukan pembelian dengan kartu
prabayar, jumlah pembayaran akan dikurangin dari saldo yang tersedia di kartu
tersebut. Pada saat saldo mencapai angka nol, kartu tersebut kosong. Kartu
kemudian dapat dibuang, kecuali kartu tersebut dapat diisi ulang, dimana Anda
dapat menambahkan dana dan melanjutkan penggunaan kartu tersebut.
Jalan tol (di Indonesia
disebut juga sebagai jalan bebas hambatan) adalah suatu jalan alternatif
untuk mengatasi kemacetan lalu lintas ataupun untuk mempersingkat jarak dari
satu tempat ke tempat lain. Untuk menikmatinya, para pengguna jalan tol harus
membayar sesuai tarif yang berlaku. Penetapan tariff didasarkan pada
golongan kendaraan. Bangunan atau fasilitas di mana tol dikumpulkan dapat
disebut pintu tol, rumah tol, plaza tol atau di Indonesia lebih
dikenal sebagai gerbang tol.
Bangunan ini biasanya ditemukan di dekat pintu keluar, di awal atau akhir
jembatan (misal: Jembatan Suramadu), dan ketika Anda memasuki suatu jalan layang. Di Indonesia, jalan tol
sering dianggap sinonim untuk jalan bebas hambatan, meskipun hal ini
sebenarnya salah. Di dunia secara keseluruhan, tidak semua jalan bebas hambatan
memerlukan bayaran. Jalan bebas hambatan seperti ini dinamakan freeway atau expressway (free berarti
"gratis", dibedakan dari jalan-jalan bebas hambatan
yang memerlukan bayaran yang dinamakan
tollway atau tollroad. Dengan menggunakan kartu prabayar mungkin akan menjadi
lebih mudah untuk sistem pembayaran jalan tol tersebut.
H. METODE
PELAKSANAAN
Pembuatan alat direncanakan melalui tahap :
1.
Perancangan alat
yang digunakan seperti mensinkornisasikan sensor kartu dengan kartu prabayar
2.
Perangkaian alat
sensor kartu dan palang pintu otomatis
3.
Pengujian alat
yang telah dirangkai
I.
JADWAL KEGIATAN
NO
|
KEGIATAN
|
BULAN
|
|||
A.
|
PERSIAPAN
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
1.
|
Penetapan
Rencana Kerja
|
a
|
|||
2.
|
Persiapan
Bahan
|
a
|
a
|
||
3.
|
Persiapan
alat
|
a
|
a
|
||
B.
|
PELAKSANAAN
|
||||
1.
|
Pengujian
Fungsi Alat
|
a
|
a
|
||
2.
|
Perangkaian
Alat
|
a
|
a
|
a
|
|
3.
|
Design
Device
|
a
|
a
|
a
|
|
4.
|
Perancangan
Sensor Kartu
|
a
|
a
|
||
5.
|
Pengujian
Alat
|
a
|
a
|
||
C.
|
PENYUSUNAN LAPORAN
|
||||
1.
|
Analisis
Data
|
a
|
a
|
||
2.
|
Menyusun
Draft Laporan
|
a
|
a
|
||
3.
|
Perbaikan
Laporan
|
a
|
a
|
J.
RANCANGAN BIAYA
1.
Rekaptulisasi
Biaya
NO.
|
Jenis
Pengeluaran
|
Biaya
Seluruhnya
|
1.
|
Anggaran
alat
|
Rp.
1.045.440.000
|
2.
|
Anggaran
perjalanan
|
Rp.
1.350.000
|
3.
|
Anggaran
lain-lain
|
Rp.
61.450.000
|
JUMLAH
|
Rp.
1.108.240.000
|
2.
Anggaran Alat
No.
|
Nama
Alat
|
Kegunaan
Alat
|
Harga
Satuan
|
Harga
Seluruhnya
|
1.
|
90
Sensor Nominal
|
Mendeteksi
nominal uang pada kartu
|
Rp.526.000
|
Rp.47.340.000
|
2.
|
90
Palang pintu otomatis
|
Membuka
pintu secara otomatis jika telah di verifikasi nominal angka
|
Rp.5.910.000
|
Rp.531.900.000
|
3.
|
90
Alat Pengecekan kartu
|
Menyimpan
kartu untuk di deteksi sementara
|
Rp.5.180.000
|
Rp.466.200.000
|
TOTAL
|
Rp.1.045.440.000
|
3.
Anggaran
Perjalanan
No
|
Tujuan
|
Keperluan
|
Biaya
Satuan
|
Biaya
Seluruhnya
|
1.
|
Transportasi
local
|
Bahan
penelitian
|
Rp.700.000
|
Rp.700.000
|
2.
|
Tanggerang
|
Bahan
penelitian
|
Rp.650.000
|
Rp.650.000
|
TOTAL
|
Rp.1.350.000
|
4.
Lain-lain.
No
|
Jenis
Pengeluaran
|
Biaya
Seluruhnya
|
1.
|
Dokumentasi
|
Rp.200.000
|
2.
|
Sewa
Pekerja
|
Rp.60.000.000
|
3.
|
Biaya
tak terduga
|
Rp.1.250.000
|
TOTAL
|
Rp.61.450.000
|
K. LAMPIRAN
NAMA DAN BIODATA
TIM
Ketua Pelaksana Program
Ketua Pelaksana Program
Nama Lengkap : Fadhlan Muchti
Akbaruddin
Tempat dan Tanggal
Lahir : Jakarta, 15 Mei 1994
NPM / Tahun Angkatan : 22112620 / 2012
Program Studi : Sistem Komputer,
S1
Fakultas : Ilmu
Komputer dan Teknologi
Informasi
Perguruan Tinggi : Universitas Gunadarma
Depok, Oktober 2013
Fadhlan Muchti Akbaruddin
Comments
Post a Comment
Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada
Komentar yang mengarah ketindakan spam akan dihapus atau terjaring otomatis oleh spam filter