Tugas Softskill Manajemen Proyek dan Resiko






PROPOSAL PROYEK
SISTEM PEMBAYARAN JALAN TOL OTOMATIS MENGGUNAKAN
KARTU PRABAYAR

MATA KULIAH
MANAJEMEN PROYEK & RESIKO





Disusun Oleh :


Fadhlan Muchti A (22112620/2012/2KB01)










UNIVERSITAS GUNADARMA

OKTOBER 2013









KATA PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian ini yang berjudul: “SISTEM PEMBAYARAN JALAN TOL OTOMATIS MENGGUNAKAN KARTU PRABAYAR”. Penulisan proposal penelitian ini merupakan salah satu syarat untuk memenuhi mata kuliah seminar proposal di Program Studi Sistem Komputer FIKT Universitas Gunadarma Depok.

Dalam penulisan proposal penelitian ini, penulis dengan senang hati ingin mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Bapak Dr. Ing. Farid. Thalib., selaku Ketua Program Studi Sistem Komputer.
2       Ibu Syamsi Ruhama S.Kom., MMSI., selaku Pembimbing yang telah
         memberikan dorongan moril dan motivasi kepada penulis.
3.      Kedua Orang Tua
4.      Teman Mahasiswa seperjuangan
            
    Menyadari keterbatasan waktu dan kemampuan dalam penulisan, proposal penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, segala kritik dan saran yang membangun akan diterima dengan senang hati. Mudah-mudahan Allah SWT akan membalas semua kebaikan kepada semua pihak yang membantu. Akhir kata, semoga proposal penelitian ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.


Depok, Oktober 2013


Penulis








A.   JUDUL
SISTEM PEMBAYARAN JALAN TOL OTOMATIS MENGGUNAKAN KARTU PRABAYAR

     B.   LATAR BELAKANG MASALAH

            Kemudahan akan sistem pembayaran berbasis kartu kredit di berbagai toko penjualan memang kerap dibutuhkan masyarakat Indonesia di zaman ini. Selain untuk mempercepat waktu, masyarakat juga tidak lagi repot-repot membawa uang yang jumlahnya begitu banyak. Seiring perkembangan teknologi dan masyarakat, sering kita lihat terjadinya kemacetan yang terjadi di pintu tol (jalan bebas hambatan) dikarenakan antrian pembayaran. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pembayaran yang cepat dan efisien berupa kartu kredit sehingga dapat mengurangi kemacetan. Sehingga diharapkan dengan adanya sistem pembayaran kartu kredit ini akan mempercepat waktu pembayaran di gerbang tol.
            Karena tarif yang dikenakan pada sistem pembayaran jalan tol saat ini tidak selalu bernilai bulat atau sederhana, tetapi masih bernilai pecahan yang juga mempersulit pembayaran jika pengguna jalan memberikan uang lebih, dan kasir pintu tol tersebut memberikan uang kembalian sehingga membutuhkan waktu yang banyak untuk pembayaran tersebut. Sehingga dibutuhkan sistem pembayaran yang mudah dan juga guna mempersingkat waktu pembayaran. Dan inovasi yang baru ini adalah sistem pembayaran jalan tol berupa kartu prabayar.
            Sebagai contoh pada gerbang tol Jl.TB.Simatupang dikenakan biaya masuk Rp.3500, nominal tersebut menyulitkan pembayaran karena dibutuhkan pecahan Rp.500 untuk pembayaran maupun kembalian, sehingga waktu untuk pembayaran gerbang tol tersebut menjadi agak lama.
Berdasarkan hal tersebut maka dimungkinkan untuk membuat suatu pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dan mesin otomatis yang dapat mendeteksi kartu prabayar tersebut.



     C.   PERUMUSAN MASALAH

          Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka permasalahan yang dibahas dalam perancangan ini adalah bagaimana merancang dan merealisasikan pembuatan suatu sistem pembayaran jalan tol dengan menggunakan kartu prabayar khusus sehingga dapat mempersingkat waktu pembayaran dan mengurangi kemacetan.

      D.    TUJUAN
         Adapun tujuan yang dicapai adalah membuat suatu sistem pembayaran dengan menggunakan kartu kredit yang efisien dan murah.

      E.     LUARAN YANG DIHARAPKAN
       Luaran yang diharapkan dalam program ini adalah :
a)      Masyarakat mendapatkan rasa nyaman dan waktu yang lebih efisien ketika memasuki dan membayar di pintu tol.
b)      Terciptanya suatu sistem pembayaran yang mudah dan murah.

      F.     KEGUNAAN
       Adapun kegunaan program yang dimaksud adalah :
             a)      Memperkenalkan masyarakat kepada kemajuan teknologi dalam bidang sistem pembayaran.
             b)      Dapat meminimalisir kemacetan.
             c)      Mempermudah sistem pembayaran.
             d)     Mempersingkat waktu pembayaran.


      G.    TINJAUAN PUSTAKA
        
                  Kartu prabayar layaknya kartu debit dan kredit, kartu prabayar memungkinkan kita untuk melakukan pembelian tanpa uang tunai atau cek. Tidak seperti kartu kredit, Kita tidak dapat berhutang dengan kartu prabayar, dan tidak seperti kartu debit, kartu prabayar tidak terkait dengan rekening bank. Kartu prabayar memiliki saldo nol sampai Anda menambah uang ke dalamnya. Pada saat kita melakukan pembelian dengan kartu prabayar, jumlah pembayaran akan dikurangin dari saldo yang tersedia di kartu tersebut. Pada saat saldo mencapai angka nol, kartu tersebut kosong. Kartu kemudian dapat dibuang, kecuali kartu tersebut dapat diisi ulang, dimana Anda dapat menambahkan dana dan melanjutkan penggunaan kartu tersebut.
                  Jalan tol (di Indonesia disebut juga sebagai jalan bebas hambatan) adalah suatu jalan alternatif untuk mengatasi kemacetan lalu lintas ataupun untuk mempersingkat jarak dari satu tempat ke tempat lain. Untuk menikmatinya, para pengguna jalan tol harus membayar sesuai tarif yang berlaku. Penetapan tariff didasarkan pada golongan kendaraan. Bangunan atau fasilitas di mana tol dikumpulkan dapat disebut pintu tol, rumah tol, plaza tol atau di Indonesia lebih dikenal sebagai gerbang tol. Bangunan ini biasanya ditemukan di dekat pintu keluar, di awal atau akhir jembatan (misal: Jembatan Suramadu), dan ketika Anda memasuki suatu jalan layang. Di Indonesia, jalan tol sering dianggap sinonim untuk jalan bebas hambatan, meskipun hal ini sebenarnya salah. Di dunia secara keseluruhan, tidak semua jalan bebas hambatan memerlukan bayaran. Jalan bebas hambatan seperti ini dinamakan freeway atau expressway (free berarti "gratis", dibedakan dari jalan-jalan bebas hambatan yang memerlukan bayaran yang  dinamakan tollway atau tollroad. Dengan menggunakan kartu prabayar mungkin akan menjadi lebih mudah untuk sistem pembayaran jalan tol tersebut.

H.  METODE PELAKSANAAN

Pembuatan alat direncanakan melalui  tahap :
1.      Perancangan alat yang digunakan seperti mensinkornisasikan sensor kartu dengan kartu prabayar
2.      Perangkaian alat sensor kartu dan palang pintu otomatis
3.      Pengujian alat yang telah dirangkai

 I.      JADWAL KEGIATAN

NO
KEGIATAN
BULAN
A.
PERSIAPAN
I
II
III
IV
1.
Penetapan Rencana Kerja
a



2.
Persiapan Bahan
a
a


3.
Persiapan alat
a
a


B.
PELAKSANAAN




1.
Pengujian Fungsi Alat
a
a


2.
Perangkaian Alat
a
a
a

3.
Design Device
a
a
a

4.
Perancangan Sensor Kartu

a
a

5.
Pengujian Alat


a
a
C.
PENYUSUNAN LAPORAN




1.
Analisis Data


a
a
2.
Menyusun Draft Laporan


a
a
3.
Perbaikan Laporan


a
a


       J.     RANCANGAN BIAYA

1.      Rekaptulisasi Biaya
NO.
Jenis Pengeluaran
Biaya Seluruhnya
1.
Anggaran alat
Rp. 1.045.440.000
2.
Anggaran perjalanan
Rp. 1.350.000
3.
Anggaran lain-lain
Rp. 61.450.000

JUMLAH
Rp. 1.108.240.000



2.      Anggaran Alat
No.
Nama Alat
Kegunaan Alat
Harga Satuan
Harga Seluruhnya
1.
90 Sensor Nominal
Mendeteksi nominal uang pada kartu
Rp.526.000
Rp.47.340.000
2.
90 Palang pintu otomatis
Membuka pintu secara otomatis jika telah di verifikasi nominal angka
Rp.5.910.000
Rp.531.900.000
3.
90 Alat Pengecekan kartu
Menyimpan kartu untuk di deteksi sementara
Rp.5.180.000
Rp.466.200.000

TOTAL
Rp.1.045.440.000

3.      Anggaran Perjalanan
No
Tujuan
Keperluan
Biaya Satuan
Biaya Seluruhnya
1.
Transportasi local
Bahan penelitian
Rp.700.000
Rp.700.000
2.
Tanggerang
Bahan penelitian
Rp.650.000
Rp.650.000

TOTAL
Rp.1.350.000

4.      Lain-lain.
No
Jenis Pengeluaran
Biaya Seluruhnya
1.
Dokumentasi
Rp.200.000
2.
Sewa Pekerja
Rp.60.000.000
3.
Biaya tak terduga
Rp.1.250.000

TOTAL
Rp.61.450.000





        K.  LAMPIRAN
          NAMA DAN BIODATA TIM
           Ketua Pelaksana Program
  Nama Lengkap                           : Fadhlan Muchti Akbaruddin 
  Tempat dan Tanggal Lahir           : Jakarta, 15 Mei 1994
  NPM / Tahun Angkatan              : 22112620 / 2012
  Program Studi                             : Sistem Komputer, S1
  Fakultas                                      : Ilmu Komputer dan Teknologi  

                                                          Informasi
                    Perguruan Tinggi                        :  Universitas Gunadarma


    Depok, Oktober 2013

                                                
   Fadhlan Muchti Akbaruddin




Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Permasalahan Sosial di Desa dan Perkotaan

The Truth of Universe

Perbudakan dan Hak Asasi Manusia