Bagaimana Cara Memahami dan Bangga terhadap Bahasa Indonesia

Paham dan Bangga Terhadap
Bahasa Indonesia

          Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana kita memahami dan bangga terhadap Bahasa Indonesia. Tulisan ini saya buat dengan tujuan untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang digunakan di Negara Indonesia. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu dan telah disempurnakan. Huruf alfabet di dalam bahasa Indonesia ini berjumlah 26. Dan dalam penggunaannya, bahasa Indonesia termasuk salah satu bahasa yang banyak menggunakan huruf vokal didalamnya sehingga logat dalam bahasa Indonesia-pun agak sulit dipelajari.

            Karena bangsa Indonesia merupakan bangsa kepulauan yaitu terdiri dari beberapa suku dan ras yang mempunyai bahasa dan adat tersendiri. Maka dari itu bahasa Indonesia selain jadi bahasa utama, bahasa Indonesia juga merupakan bahasa pemersatu bangsa. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang fleksibel, maksudnya adalah penduduk Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia akan mudah mempelajari bahasa lain, dikarenakan bahasa Indonesia adalah bahasa yang sulit dengan huruf vokal yang banyak serta pengucapan huruf yang kental.
            Selain dari itu, bahasa Indonesia juga sudah banyak menyaring bahasa asing, atau juga disebut kata serapan. Bahasa Indonesia menyerap banyak kata dari bahasa-bahasa lain, terutama yang pernah berhubungan langsung dengan Indonesia, seperti melalui perdagangan, melalui penjajahan, maupun karena perkembangan ilmu pengetahuan. Kata serapan adalah kata yang berasal dari bahasa asing yang sudah diintegrasikan dan diterima pemakaiannya secara umum. Berikut adalah contoh-contoh kata serapan dari bahasa asing yang sudah umum digunakan dalam bahasa Indonesia.

A. Kata serapan dari bahasa Arab
Jika huruf ain “’a” berada di akhir kalimat, maka bahasa ini diserap menjadi “a” saja, dan jika berada di akhir kalimat, maka bahasa ini diserap menjadi huruf “k”, contoh :
1.      (manfa’ah ) diserap dalam bahasa Indonesia, ejaan kata serapannya menjadi (manfaat)
2.      (‘asr) diserap dalam bahasa Indonesia, ejaan kata serapannya menjadi (asar)
3.      (sa’ah) diserap dalam bahasa Indonesia, ejaan kata serapannya menjadi (saat)
4.      (ma’na) diserap dalam bahasa Indonesia, ejaan kata serapannya menjadi (makna)
5.      (ra’yah) diserap dalam bahasa Indonesia, ejaan kata serapannya menjadi (rakyat)
B. Kata serapan dari bahasa Belanda
Dalam bahasa Indonesia, huruf belanda seperti “aa” diserap menjadi “a”, gabukang vokal “ae” diserap menjadi dua bentuk, ada yang tetap “ae” dan ada yang “a”, huruf vokal “ai” tetap menjadi “ai”, contoh :
1.      (octaaf) diserap dalam bahasa Indonesia, ejaan kata serapannya menjadi (oktaf)
2.      (paal) diserap dalam bahasa Indonesia, ejaan kata serapannya menjadi (pal)
3.      (aerobic) diserap dalam bahasa Indonesia, ejaan kata serapannya menjadi (aerobik)
4. (aerodinamics) diserap dalam bahasa Indonesia, ejaan kata serapannya menjadi (aerodinamika)
5.      (aerobe) diserap dalam bahasa Indonesia, ejaan kata serapannya menjadi (aerob)
6.  (haemoglobin) jika diserap dalam bahasa Indonesia, ejaan kata serapannya menjadi (hemoglobin)
7.      (trailer) diserap dalam bahasa Indonesia, ejaan kata serapannya menjadi (trailer)
8.      (caisson) diserap dalam bahasa Indonesia, ejaan kata serapannya menjadi (kaison)

Dalam kaidah ketatabahasaan Indonesia, kosakata serapan sudah begitu banyaknya. Tapi masalahnya, banyak yang abai, mulai dari sejarah katanya atau etimologi hingga kebakuan menurut Ejaan Yang Disempurnakan EYD.

Berikut merupakan pembahasan artikel saya kali ini, oleh karena itu saya sangat bangga dengan bahasa Indonesia. Kita harus menjaga predikat bahasa Indonesia sebagai bahasa yang sopan dan ramah. Berbahasa yang baik dan benar di dalam kehidupan sehari-hari  merupakan salah satu cara kita untuk mengapresiasikan bahasa Indonesia. Demikian pembahasan yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca.


SUMBER


Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Permasalahan Sosial di Desa dan Perkotaan

Perbudakan dan Hak Asasi Manusia

Bootcamp .Net XSIS Media Utama